Bertaruh Nyawa Demi Menambang Batu Akik Garut Hijau
Bertaruh Nyawa Demi Menambang Batu Akik Garut Hijau Garut yaitu satu dari demikian banyak kota di Indonesia yang mendadak tersohor lantaran kecantikan batu akik dari alamnya. Semua mata penggemar batu akik saat ini tertuju pada kota penghasil dodol itu. Tidak sering banyak penggemar batu yang berniat datang dari luar kota cuma agar bisa mempunyai satu dari jutaan batu akik khas Garut. Salah satu batu akik Garut yang paling diburu yaitu batu akik type akik hijau atau akrab diberi nama dengan batu garut hijau botol bir.
Harga batu garut hijau botol juga meroket, satu batu akik memiliki ukuran lima sentimeter saja dapat di bandrol dengan harga beberapa puluh juta rupiah. Batu Garut hijau botol bir hanya bisa diketemukan di galian tambang batu rakyat di Desa Gaod, Kecamatan Bungbulang. Sayangnya saat ini galian tambang itu telah ditutup lantaran bongkahan batu telah dinyatakan habis serta punah.

" Lumrah harga bongkahan hijau botol dapat meraih harga beberapa ratus juta. Lantaran akik type itu langka serta susah diketemukan. Selaim susah diketemukan, menuju tempat galiannya juga berisiko serta penambang mesti mempertaruhkan nyawanya, " kata Jajang.
Jajang serta rekan sesama penambang pernah temukan tempat bongkahan batu akik itu. Namun buat sampai ke tempat, Jajang mesti jalan kaki belasan km. dengan jarak tempuh seputar dua jam.
" Terkecuali masuk rimba, penambang juga mesti merangkak diatas tebing setinggi 300 mtr. dengan panjang 28 mtr., " tuturnya.
Taruhan penambang akik itu nyawa, bila terpeleset di tebing jadi bakal segera terjun ke sungai deras serta belum mutlak selamat. Menurut Jajang ada 13 type batu Garut hijau. Bongkahan batu itu diketemukan di 13 tempat tidak sama di Garut.
" Type pertama hijau Garut yaitu ohen, type ohen ini telah tidak ada lagi bongkahannya lantaran diketemukan oleh penambang pada th. 1982. Sesaat buat type hijau teranyar yang sekarang ini masih tetap ada stock bongkahannya yakni hijau botol asal galian Gadog, " celoteh Jajang.
Jajang menjelaskan, buat siapapun yang sangat mau berburu batu Garut, gak perlu mesti ikut serta dalam usaha berat misalnya yang ia alami. Lantaran, penggemar batu cuma cukup membekali diri dengan duit yang didapatkan pada beberapa penambang buat modal menambang batu akik itu.
" Systemnya bila mujur kelak si pemberi modal akan batu yang ia kehendaki, namun bila kurang mujur ya mesti ikhlas uangnya tidak kembali lagi, " celoteh Jajang.
Demikianlan blog batu cincin yang kali ini membahas mengenai Bertaruh Nyawa Demi Menambang Batu Akik Garut Hijau, semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca sekalian buat koleksi lainya bisa kunjungi blog batu cincin
Referensi images :

Persyaratan akik hijau botol asal Garut memanglah diakui oleh beberapa penambang bakal dapat diketemukan dengan cara periodik atau berjangka. Belum mutlak tiap-tiap penambang atau penggali akik dapat temukan bongkahan hijau botol dalam kurun waktu 1 th. sekali. Walau demikian bongkahan hijau botol dapat diketemukan dengan periode yang tidak mutlak.
Jajang (40), salah seseorang penambang batu warga asal Kampung Hanjuang, Desa Hanjuang, Kecamatan bungbulang ini umpamanya.
Sepanjang berburu batu Garut hijau botol bir, ia mengakui, sangat susah temukan batu type ini. Bila mau menamukan batu ini, Jajang mesti lewat usaha panjang nan berat sampai mesti bertaruh nyawa agar bisa temukan batu akik type ini.

2 thoughts on “Bertaruh Nyawa Demi Menambang Batu Akik Garut Hijau

  1. pregnancy skincare products says:

    This design is incredible! You most certainly
    know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I
    was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job.

    I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

  2. Pingback: animal sex doll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

code