Batu Zamrud atau batu Emerald yakni salah salah satu jenis batu permata yang populer dan banyak dicari. Batu dengan identik warna hijau ini ialah batu berharga dari golongan beryl. Nama batu ini berasal dari kata Perancis lama yaitu, “Esmeralde” yang berarti “Batu Hijau”.

Warna hijau pada batu jamrud tak pernah tertandingi dalam sejarah batu permata, dan termasuk yang paling populer di dunia. Bagi kalangan elit atau kolektor batu permata, batu ini dianggap sebagai salah satu dari 4t batu permata yang paling berharga, bersanding dengan ragam batu permatalainnya seperti batu Safir (Sapphire), batu Merah Delima (Ruby) dan Berlian (Diamond). Tak heran jikalau banyak orang yang mencari batu jamrut untuk dibuat koleksi perhiasan mereka.

Batu Zamrud memiliki rumus kimia Be3Al2(SiO3)6. Hampir semua batu Zamrud autentik memiliki karakteristik inklusi yang berbeda-beda, dan hampir semuanya mengaplikasikan treatment minyak atau resin untuk mengisi celah-celah kecil dan retakan-retakannya. Adanya kekurangan tersebut membuatnya cukup mudah untuk diidentifikasi dan dibedakan dengan batu permata lainnya yang sejenis.

Kecuali itu, cahaya yang menonjolkan inklusi dan patahan-patahan yang membuktikan bahwa batu jamrut tersebut merupakan natural. Sistem termudah lainnya untuk mengidentifikasi originalitas batu Zamrud hijau ini adalah dengan menguji berat variasi (density) dan tingkat kekerasannya. Seperti halnya segala format Beryl, Zamrud lebih keras daripada Apatite, Quartz (Kuarsa) dan Feldspar, namun sedikit lebih lunak daripada Spinel, Topaz dan Sapphire (Safir). Tapi.

Ada sebagian batu permata hijau lainnya yang terkadang salah dikenali sebagai batu zamrut Diantaranya adalah Demantoid Garnet, Aventurine, Tsavorite, Chrome Tourmaline, Chrome Diopside, Grossularite, Uvarovite, Verdelite, Fluorite, Hiddenite dan Peridot.

Clarity atau tingkat kejelasan batu Zamrud cukup dievaluasi oleh mata saja, tidak seperti Berlian (Diamond), dimana 10 kali pembesaran digunakan untuk melihat tingkat kejelasannya. Jikalau batu Zamrud tidak memiliki inklusi yang bisa dipandang dengan mata secara segera, itu telah dianggap sempurna, dan akan berharga tingi, terutama seandainya diimbangi dengan warna yang ideal juga.

jual batu jamrut asli

Out of stock
gambar jual Cincin Batu Zamrud Kotak Hijau Emerald Beryl asli natural bersertifikat berkhodam hargga khasiat colombia afrika ethiopia kalimantan_4
gambar jual Cincin Batu Zamrud Kotak Hijau Emerald Beryl asli natural bersertifikat berkhodam hargga khasiat colombia afrika ethiopia kalimantan_4